Selasa, 13 September 2011

karpal sindrom menyerang pengguna komputer


nah.. bagi temen2 yang doyan berlama-lama didepan komputer. nih ada satu peringatan biar temen2 ga berlebihan di depan lappy ato kompi. namanya karpal sindrome, yaitu penyakit di pergelangan tangan karena penggunaan berulang. Penyebabnya belum diketahui secara pasti namun dapat dianggap sebagai saraf yang tertekan oleh carpal tunnel. Penyakit ini umumnya diturunkan secara genetis.
Gejala CTS adalah perasaan kaku di jempol, jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Hal ini terjadi di malam hari. Bila tidak ditangani, CTS dapat menyebabkan kerusakan saraf. Rasa sakit ini dapat terjadi dengan kuat sehingga penderita terbangun dari tidur. 

Karpal Sindrom ditandai dengan adanya rasa nyeri, kesemutan dan rasa baal pada jari atau tangan. Gejala biasanya terasa pada jempol, telunjuk, jari tengah, dan setengah jari manis. Jadi, kalau kita merasakan adanya gejala ini, yang mencakup keempat jari, tapi tidak mempengaruhi jari kelingking, maka besar kemungkinan kita telah terkena sindrom ini.
Kebanyakan penderita sindrom ini mengeluhkan terjadinya barang jatuh dengan sendirinya dari genggaman, atau bahkan tidak mampu menggenggam barang. Gejala ini tidak terjadi terus-menerus, tapi hanya sesekali saja. Hilang timbul tak tentu. Gejala ini biasanya timbul dalam kaitan aktivitas tertentu seperti saat menyetir, membaca koran, melukis, dan sejenisnya.
yang jelas dalam segala sesuatu termasuk dalam bekerja menggunakan komputer pun tidak boleh berlebihan biasakanlah istirahat setiap 15 atau 20 menit dengan meregangkan tangan dan istirahat sejenak. hmm... jadi bersyukur bagi orang2 muslim yang punya kebiasaan sholat 5 waktu. jadi kita punya jeda waktu buat menyegarkan jiwa dan badan kita.. alhamdulillah
nah untuk info lebih lanjut nih ada beberapa yang bisa kita tengok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar